10 Tips Aman Menggunakan Tabung Elpiji 3kg

PT Pertamina (Persero) mengklaim bila setiap pengadaan material LPG 3 kilogram (Kg) yang dilakukan melalui pabrikan dan direkomendasikan oleh Kementerian Perindustrian sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sudah memenuhi standar keselamatan.

Hal tersebut diungkapkan VP Corporate Communication Pertamina Basuki Trikora Putra, saat mengunjungi SPBE Jampea Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (14/5/2010).

Maka dari itu, Basuki memberikan 10 tips aman dalam menggunakan elpiji berwarna hijau tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut 10 tips tersebut:

1. Gunakan peralatan elpiji seperti tabung, kompor, regulator, dan selang sesuai persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI).

2. Kompor dan tabung elpiji ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik.



3. Idealnya, ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman. 

Mengingat berat jenis elpiji lebih berat dari udara, maka apabila terjadi kebocoran elpiji akan berada di bagian bawah lantai dan pintu dapur harus terbuka.

4. Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor.

5. Tabung elpiji diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus diupayakan tidak terpapar panas.

6. Pasang regulator pada katup tabung elpiji dengan posisi knob regulator mengarah ke bawah.

Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung elpiji.

7. Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

8. Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang, maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian-bagian dalam kebocoran.
"Sambungan selang regulator dengan valve tabung, serta sambungan selang ke regulator dan kompor. Apabila terjadi kebocoran, maka akan terjadi gelembung-gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas elpiji," tukas Basuki.

9. Rangkaian kompor elpiji sudah siap dan aman untuk digunakan.

10. Tahu cara menggunakan kompor yang baik

pertama tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam. Kedua, bila selesai digunakan sampai posisi off ditandai dengan bunyi klik.

Dengan mengikuti tips tersebut, pihak Pertamina pun berharap tidak terjadi lagi kebakaran yang kebanyakan selalu dikaitkan dengan tabung elpiji 3 Kg tersebut. Konsumen pun diharapkan lebih waspada untuk penggunaannya.

(http://lifestyle.okezone.com)



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar