6 Tips Mengecek Mobil bekas

Ada beberapa alasan mengapa pembelian mobil bekas pakai masih menjadi favorit dari sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain harganya relatif lebih murah, pembayarannya pun saat ini bisa dilakukan dengan cara diangsur.

Kemudahan dalam persyaratan administrasi pun menjadikan sebagai bahan pertimbangan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah untuk memilihnya.

Ada 2 hal utama yang paling harus anda perhatikan apabila akan membeli mobil bekas, yaitu surat dokumen kendaraan dan kondisi kendaraan. Untuk mengetahui kondisi detail mobil bekas tersebut, ada 6 tips pengecekan yang sebaiknya anda lakukan, antara lain:

1. Bagian mesin mobil  


buka kap mobil (penutup mesin) tersebut, kemudian cek kondisinya secara detail. Anda bisa menghidupkan mesinnya, apabila mesin masih bagus maka lampu indikator tekanan oli akan segera mati dan bunyinya terdengar halus dan rata. Perhatikan juga asap knalpot mobil apabila keluar asap berwarna hitam atau biru, maka kemungkinan kondisi mesin tersebut ada yang tidak beres.

2. Bagian Body/Chasis  

Anda bisa melakukan pengecekan dengan menaikkan salah satu roda kendaraan ke tempat yang lebih tinggin (misalkan trotoar) kemudian buka tutup semua pintu mobil, apabila pintu tertutup tidak sempurna kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami benturan bahkan pernah mengalami tabrakan.


3. Bagian-bagian yang mengalami kerusakan dan/atau terkena karat

Periksalah semua bagian mobil, pastikan tidak ada permukaan yang tidak rata, apabila anda menemukan permukaan yang tidak rata anda bisa menanyakan langsung penyebab permukaan yang tidak rata tersebut. Dan penting sekali bagi anda untuk memeriksa bagian-bagian yang mudah terkena karat, antara lain: jendela dan pintu, talang air (atap), pada bagian atas spion dan antena radio, bagian di balik lis, disekitar lampu (bagian depan dan belakang) bagian dalam spakbor, di bagian body bawah dan knalpot, serta dibagian bawah karpet garasi.

4. Bagian Suspensi

Cek dengan menekan masing-masing sisi mobil kebagian bawah secara bergantian. Sisi yang anda tekan harus lebih tinggi dari posisi awal dan turun lagi ke posisi saat anda tekan

5. Bagian Ban

Coba anda perhatikan permukaan ban yang sudah aus (gundul), perhatikan juga permukaan ban apabila ada yang  tidak rata karena bisa menunjukan ketidakberesan baik di bagian roda maupun mekanisme suspensi

6. Bagian Lainnya yang perlu anda perhatikan antara lain:
•  Cek kondisi alas kaki dan bantalan pedal
•  Periksalah alas tempat duduk
•  Pada bagian kemudi perhatikan jika ada bunyi/ suara yang tidak normal
•  Perhatikan kolong mesin untuk menghindari kebocoran oli
•  Ketoklah bagian demi bagian mobil
•  Perikasalah kondisi ban serep anda
•  Buka bagian alas kaki (floor mat) cek kondisi didalamnya

(http://autos.okezone.com)



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar