Tips Memilih Tempat Les Untuk Anak

Les memang sangat berguna, baik untuk pelajaran maupun menambah skill. Namun pilihlah yang sesuai dengan kepribadian anak anda.

Selain pendidikan utama, dala hal ini adalah pendidikan di sekolah, anak-anak juga membutuhkan pendidikan penunjang seperti les atau kursus yang kini marak di tengah masyarakat. Kadang kita sebagai orang tua kesulitan memilih kursus atau les untuk anak kita.


Dalam memilih Les haruslah disesuaikan dengan minat, bakat dan kemampuan si anak. Jadi sebagai orang tua haruslah paham mengenai karakter anak anda tersebut. Kursus yang sesuai dengan karakter anak akan mengembangkan sisi positif anak tersebut.


Tips memilih Les berdasarkan karakter anak:

1.Anak aktif
Anak aktif memiliki ciri giat beraktifitas, tampak energik dan membutuhkan ruang gerak yang luas.
Tips: mengikuti les yang berkaitan dengan garak tubuhnya yang aktif, seperti olahraga, beladiri dan seni gerak (tari), sehingga anak dapat menyalurkan kelebihan energi yang dimilikinya.

2.Anak Pasif
Anak pasif memiliki cara lamban, kurang gesit, kurang suka kegiatan fisik, cepat mengaku lelah dan agak lama menyesuaikan diri. Namun ketika anak ini melakukan sesuatu yang sesuai dengan minatnya, maka baru terlihat antusiasmenya dan konsentrasinya, permainannyapun terlihat bagus.
Tips :sangat cocok diikutkan aktifitas yang memerlukan kemampuan observasi yang kuat, imajinasi tinggi, penuh ekspresi dan kegiatan yang memerlukan sosialisasi (team work) seperti catur, merakit robot, serta keterampilan tangan, melukis, klub sains, paduan suara atau kegiatan lain dalam sanggar.

3.Anak Percaya diri
Anak percaya diri memiliki ciri mudah beradaptasi dengan lingkungan baru alias mudah bergaul/sosialisasi, lancar mengungkapkan pendapatnya dan senang pada sesuatu yang ada tentangnya.
Tips: turutilah semua jenis les yang menjadi minatnya.
Dengan mengikuti les, anak dapat menambah keyakinan akan kemampuan dirinya bangga dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga rasa percaya dirinya pun makin bertambah.

4.Anak Pencemas. Anak pencemas mempunyai ciri cepat merasa takut salah dan menyerah, lama menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, selalu butuh dukungan orang tua, sensitif dan mudah berprasangka.
Tips: les yang bisa menenangkan seperti meditasi atau yoga, les keterampilan dan bela diri untuk mengendalikan emosinya serta les yang berkaitan dengan pembentukan karakter, seperti teater kreatif.


Sumber : Fabiola Priscilla, M. Psi (Lembaga Psikologi Terapan Universita Indonesia, Jakarta)



Related Post: