5 Tips Ringkas dalam Berkemas-kemas

buatlah daftar barang dalam berkemas


Karena alasan jaga-jaga, biasanya Anda akan membawa barang yang tidak terlalu dibutuhkan selama bepergian. Padahal barang berlebihan akan menyulitkan perjalanan Anda

Kerepotan saat di bandara atau kebingungan mencari barang di tumpukan bawaan tentu menyebalkan. Untuk itu, ada baiknya Anda lebih cermat dalam mengemas barang bawaan Anda. Berikut adalah tips mengemas barang yang semoga bisa membantu anda :

1. Buat daftar barang
Daftarkan semua barang yang akan Anda bawa. Setelah selesai, bagi daftar tersebut menjadi 2 bagian. Daftar barang yang wajib dibawa dan daftar barang yang tidak terlalu penting untuk Anda bawa.

2. Bawalah 2 tas berbeda
Bagi jenis barang ke dalam dua kategori, barang besar dan barang kecil atau ringan. Pakaian, alas kaki dan sejenisnya bisa dimasukkan ke dalam koper. Untuk barang yang ringan dan penting seperti uang, dokumen penting, tiket, peta, obat-obatan, dan kosmetik, masukkan ke dalam tas jinjing atau ransel.

Dalam bepergian, alangkah baiknya hanya membawa satu koper besar. Selain ringkas, kemungkinan kehilangan tas akan lebih kecil dibanding jika Anda membawa banyak koper kecil. Ketinggalan, tertukar atau kehilangan tas tentu bukanlah hal yang Anda inginkan saat bepergian.


3. Perhatikan cara mengisi koper
Saat memasukkan barang-barang ke dalam koper, utamakan barang-barang yang berat atau besar terlebih dahulu misalnya sepatu, sendal dan tas perlengkapan mandi. Selanjutnya adalah barang-barang kecil dan ringan untuk mengisi ruang yang tersisa, misalnya ikat pinggang dan kaus kaki.


Jika Anda memasukkan pakaian ke dalam koper, buatlah secara berlapis. Misal, lapisan pertama berisi rok dan baju yang sudah dilipat rapi. Selanjutnya berilah pembatas misalnya dengan handuk untuk menjaga kerapian pakaian. Terakhir, pastikan barang-barang tersebut telah Anda ikat dengan tali pengikat yang ada di koper. Untuk alternatif lain, Anda bisa menggulung baju satu per satu dengan gulungan yang rapi. Cara ini juga bisa menghemat ruang dalam koper dan juga bisa meringankan koper Anda.


4. Hindari barang berat
Jika Anda memiliki dua barang dengan fungsi yang sama, pilihlah yang lebih ringan. Misalnya antara sepatu boot dan sepatu kets, kemeja flanel dan kemeja bahan, sweater wol dan jaket parasut. Anda bisa memilih yang lebih ringan tanpa harus kehilangan manfaat dari benda-benda tersebut.

5. Maksimalkan fasilitas
Jika Anda memang akan menginap di hotel berfasilitas baik, Anda bisa mencoret alat mandi dalam daftar barang Anda. Tempat untuk sikat gigi, shampo, sabun dan handuk bisa digantikan oleh pakaian atau untuk oleh-oleh nantinya.

via http://detik.travel/read/2011/11/27/183249/1776680/1025/5-tips-ringkas-dalam-berkemas-kemas



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar