6 Tips Untuk yang Pertama Kali ke Milan

Untuk Anda para shopaholic atau penggila bola, Milan pasti menjadi salah satu destinasi wajib saat travelling ke Italia. Ya, Milan memang terkenal sebagai surganya belanja dan sepakbola.

Berbagai kota di Italia termasuk Milan, memang memiliki banyak daya tarik yang selalu berhasil menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Selain makanannya yang lezat, negara pizza ini juga surga belanja. Jika Anda tertarik untuk berbelanja atau sekadar liburan di sana, jangan lupa untuk membaca tips saat datang pertama kali ke Milan:

1. Tunjukkan keramahan lewat jabat tangan dan ciuman di pipi
Penduduk asli di Italia sangat menghargai tradisi dan kebudayaannya. Kekompakan mereka dalam situasi apapun, khususnya bagi para teman dekat dan keluarga memang tidak dapat diragukan lagi.

Jika sedang berjalan di Italia, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan keakraban yang begitu lekat. Jangan kaget bila melihat penduduk di Italia saling berjabat tangan, berpelukan bahkan memberikan ciuman di pipi meskipun sesama jenis. Jangan kaget juga bila ada orang Italia yang datang kepada Anda, dan dengan ramahnya menjabat tangan atau mengecup pipi Anda. Sikap seperti ini bukanlah sesuatu yang aneh di sana, namun lebih kepada kebiasaan penduduk untuk menjaga keakraban dan menghindari dicap sombong.

2. Nama panggilan
Di Italia, sesama teman dekat akan memanggil dengan nama depan, namun jika ada yang memanggil seseorang dengan nama belakang, bisa dibilang masih belum terlalu akrab. Hal ini terjadi antar kolega kerja maupun orang asing yang baru saling kenal. Jadi, jika baru pertama kali berkenalan dengan orang Italia, panggillah dengan nama belakangnya. Jangan sampai salah, ya!

3. Jangan berwisata terlalu jauh bila tidak menguasai bahasa lokal
Untuk urusan bahasa, Anda harus berada di area kota besar yang memiliki banyak outlet
internasional di mana banyak yang bisa menggunakan bahasa Inggris. Semakin jauh ke pinggir kota, semakin sulit menemukan warga lokal yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Jika ingin bertanya, pergilah ke dalam toko dan carilah staf yang berusia muda. Biasanya mereka bisa menggunakan bahasa Inggris dengan cukup baik.

4. Jika datang bersama pasangan, sesuaikan sikap dengan pasangan lokal
Jika Anda wisatawan yang pergi travelling bersama pasangan, perhatikan pula pasangan-pasangan lokal. Jarang ada pasangan yang saling menunjukkan PDA (public display affection). Hal ini pun terlihat juga bagi mereka yang sudah menikah. Tidak biasa bagi mereka menunjukkan kemesraan di depan umum. Jadi, sesuaikan sikap Anda dengan warga lokal jika tidak ingin dianggap aneh.

5. Warga Italia senang berkomunikasi dengan bahasa tubuh

Dalam berkomunikasi, orang Italia sangat aktif menggunakan bahasa tubuh, dan hal ini sangatlah tinggi tingkat penularannya kepada para wisatawan. Seiring berjalannya waktu, turis akan sadar bahwa bahasa tubuh lebih mudah untuk mengekspresikan maksud yang ingin disampaikan.

6. Sopan ketika berbelanja
Untuk urusan belanja, Milan adalah surganya. Jika Anda berencana untuk mengunjungi toko-toko, bersikaplah sopan kepada penjual. Mulailah dengan mengucapkan salam seperti, "Buongiorno" (jika Anda belanja di pagi hari) atau "Buona sera" (jika belanja di sore hari). Namun jika Anda menolak untuk dibantu oleh staf penjual dan hanya ingin melihat-lihat sendiri, cukup katakan dengan santun, "Grazie, vorrei dare un'occhiata," yang artinya terima kasih, saya lihat-lihat dulu.

via http://travel.detik.com/read/2012/02/27/134903/1852460/1048/6-tips-untuk-yang-pertama-kali-ke-milan



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar