8 Tips Mempelajari Bahasa Asing

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri menghadirkan berbagai konsekuensi. Salah satunya adalah beradaptasi dengan bahasa yang berbeda. Walaupun kini hampir semua negara menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dan pergaulan sehari-hari, penguasaan bahasa asli negara tersebut tentu mendatangkan keuntungan tersendiri.
Ketika mencoba mempelajari bahasa asing, sebagian besar orang mungkin memiliki keluhan yang sama, yakni kemampuan menghafal yang buruk. Belajar kosakata baru pun dapat membingungkan, terutama bagi mereka yang memiliki tanggung jawab ganda selain menjadi seorang mahasiswa.

Ahli lingustik mengatakan, untuk mengarahkan taksi atau meminta nomor telepon di negara asing dibutuhkan perbendaharaan kata sekira 120 kata-kata dasar. Berikut ini adalah tips untuk mempelajari bahasa asing :


1.Tetapkan tujuan yang realistis
Lupakan lembar kosakata studi yang panjang atau membaca kamus. Para ahli mengatakan, peserta didik mampu mempelajari 10-20 kata per jam belajar. Jika Anda belajar selama 15 menit belajar per hari, maka tetapkan untuk mempelajari dan menguasai 20-25 kata dan frase bahasa asing per minggu. Dengan demikian, hanya butuh enam minggu agar 120 kata-kata kunci untuk survive di negara asing dapat Anda kuasai.


2.Kelompokan kata
Mengaplikasikan metode pembelajaran satu kata baru per hari memang terdengar nyaman. Namun, akan lebih baik jika dalam satu minggu Anda mempelajari kata-kata baru yang terkait dalam satu tema. Secara alami, pikiran kita akan mengelompokkan kata-kata yang terhubung satu sama lain. Jadi, pelajari dan

sebutkan tipe cuaca pada minggu pertama dan bagian tubuh di minggu berikutnya. Dengan demikian, hal tersebut akan bekerja selaras dengan otak Anda dalam mengklarifikasi informasi.

3.Hindari lawan kata
Mungkin tampak logis untuk mempelajari pertentangan kata secara bersamaan, seperti panas-dingin atau mahal-murah. Namun, ternyata hal tersebut harus dihindari karena akan terjadi cegukan belajar atau yang disebut asosiasi bersilangan. Ketika kita belajar dua kata yang sangat erat bersama-sama, bukan tidak mungkin kedua kata tersebut justru bercampur maupun tertukar saat praktiknya.


4.Membedah kata-kata baru
Ketika menghadapi sebuah kata baru, lihatlah struktur kata tersebut sebab banyak kata terdiri atas prefiks (awalan) dan sufiks (akhiran). Dengan memahami bagian kata akan memberi Anda keuntungan saat mengucapkannya. Mempelajari afiks (imbuhan) dapat membantu Anda untuk mengerti konjungsi dan struktur, serta mengedukasi ketika menghadapi kosakata baru.


5.Baca, baca, dan baca
Membaca akan membantu Anda mengingat kembali kosakata yang telah Anda pelajari dan melihat kata-kata tersebut dalam kalimat dan konteks baru yang berbeda. Salah satu sumber terbaik untuk paparan bahasa asing adalah melalui penilaian pembaca yang didesain secara spesifik untuk pembelajar bahasa. Namun, sumber lain yang tidak kalah bagus adalah melalui berbagai iklan atau menu yang menggunakan teks singkat dan bahasa sehari-hari.

6.Visualisasikan  
Salah satu trik yang membantu Anda mengingat dalam mempelajari kosakata baru adalah metode kata kunci. Gambarkan dalam kata yang terdengar mirip dalam bahasa asli Anda kemudian visualisasikan sebuah gambar atau suasana untuk mempelajari kosakata baru. Berbagai visualisasi ini sering kali abstrak, konyol, dan memalukan untuk dilakukan, namun cara tersebut berhasil, terutama untuk kata-kata yang panjang.

7.Fokus pada frase  
Ahli Lingustik Michael Lewis menganjurkan pembelajaran bahasa dalam potongan leksikal daripada berbasis kata per kata. Dari komunikasi sehari-hari akan melibatkan frase umum yang dapat diprediksi. Misalnya, turn left (belok kiri), just a minute (hanya sebentar), atau nice to meet you (senang bertemu Anda). Ketika mempelajari sebuah bahasa, ingatlah frase tersebut dan Anda akan siap berdialog dengan orang lain tanpa harus stres membangun konjungsi kalimat Anda dari awal.

8.Sering lakukan review
Dalam kelas kosakata, kosakata kemarin lebih penting daripada hari ini. Tujuannya adalah mentransfer pengetahuan jangka pendek Anda atas kosakata baru ke dalam memori jangka panjang. Meninjau kembali sangat penting karena dalam beberapa hari atau minggu pertama setelah belajar kosakata baru, daur ulang kata-kata yang ada dalam memori Anda. Sebuah buku teks bahasa yang baik atau program online akan mengatur tinjauan dan menerapkan pembelajaran kosakata di pelajaran berikutnya.

via http://kampus.okezone.com/read/2013/02/06/373/757528/8-tips-pelajari-bahasa-asing-1
via http://kampus.okezone.com/read/2013/02/06/373/757552/8-tips-pelajari-bahasa-asing-ii-habis



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar