7 Tips Green Living Sederhana

Orang yang peduli terhadap lingkungan hidup namun merasa tidak menjadi bagian dari sistem yang bekerja untuk kelestarian lingkungan tampaknya perlu menoleh sejenak ke belakang.

Beberapa hal sederhana soal gaya hidup dan sama sekali tidak baru perlu kembali dilihat dan diterapkan, kalau sudah ditinggalkan, sehingga kalangan awam bisa memberi sumbangan yang besar bagi pelestarian lingkungan bila diterapkan orang banyak.

1. Gunakan transportasi yang tidak menimbulkan pencemaran udara. 
Tips pertama dan paling sulit. Itu tidak mungkin dilakukan 100 persen di kota besar, tapi minimal anda bisa mengurangi penggunaan motor dan mobil untuk perjalanan pendek. Anda tidak butuh mobil untuk mengajak kucing anda keliling kompleks bukan?


2. Pakai cangkir dan tempat makan anda sendiri saat ke kantor atau bepergian,
Jangan selalu pakai kemasan makan yang sekali pakai lalu dibuang bila tidak terpaksa.

3. Gunakan serbet dan kurangi penggunaan kertas tissue atau paper towel sebanyak mungkin.
Semakin banyak kertas yang anda gunakan semakin banyak pohon yang dirajang menjadi bubur. Ini berlaku juga untuk popok bayi. Kalau sedang di rumah pilihlah yang bisa digunakan berulang kali, bukan yang sekali pakai.

4. Cabut kabel peralatan listrik saat tidak digunakan. 
Kabel yang tercolok menyerap arus seberapapun kecilnya. Semakin besar konsumsi listrik semakin banyak batu bara, bahan bakar minyak dan sumber energi lain yang dibakar untuk memasok listrik.

5 Gunakan produk pembersih yang ramah lingkungan. 
Butuh pengetahuan untuk mengetahui kandungan bahan kimia berbahaya dalam sebuah produk yang tidak selalu bisa diverifikasi, tapi anda bisa memilih produk dengan kadar formalin, plastik, organoklorin, pestisida, dan Alkylphenolethoxylates yang paling rendah di antara pilihan yang tersedia. Perhatikan label peringatan: Caution (hati-hati) memiliki tingkat bahaya paling rendah, kemudian Warning (awas), dan yang paling fatal Danger (bahaya).

6. Beli barang bekas. 

Poin ini sangat mungkin tapi belum tentu semua mau melakukannya. Pasar loak sekarang tidak hanya ada di trotoar atau garasi ruamh orang, bahkan Amazon sudah punya "rak" untuk buku, cakram digital musik dan video bekas. Kenapa tidak?

7. Beli makanan organik
Atau tanam sebanyak mungkin sesuatu yang bisa anda makan sendiri di lahan yang anda punya, dan berhenti merokok.

tempointeraktif.com



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar