Tips Kuliah di Luar Negri

Sekolah ke luar negeri ? kenapa tidak ? itulah pertanyaan yang sering dilontarkan para pelajar atau mahasiswa yang ingin sukses. Tetapi tidak mengetahui gimana caranya ? Para orang tua pasti bertanya – tanya untuk mencari informasi sekolah di luar negeri. Hum .. sebaiknya anda simak tips sekolah ke luar negeri berikut.
Well … sejauh ini informasi tentang sekolah di luar negeri masih jarang di publikasikan. Dan titik yang terpenting adalah bagaimanakah kesiapan kita sebelum berangkat karena merupakan ujung tombak kesuksesan kita. Beberapa alasan yang dikemukakan untuk bersekolah di luar negeri, seperti berikut ini :
  1. Fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan di Indonesia.
  2. Suasana dan lingkungan yang mendukung untuk belajar serta banyaknya riset yang diadakan.
  3. Konsentrasi belajar lebih terjamin
  4. Koneksi ke ahli/pakar/profesor lebih gampang.

A. Persiapan

 1. Tips Memilih Perguruan Tinggi
Untuk memilih universitas yang baik, anda harus ekstra hati – hati karena akan menjadi bumerang dan akhirnya tidak diterima karena persyaratan yang dilalui sangat banyak dan tinggi. Selain itu faktor biaya, biaya hidup dan kemungkinan untuk lulus harus diperhatikan lebih lanjut karena kita harus bisa mengukur kemampuan yang dimiliki. Saya dapat memberikan tips memilih universitas luar negeri yang baik dengan cara :
- Lewat Kalender Universtas
Informasi ini telah disediakan dalam bentuk buku dan dapat di peroleh dari admin di universitas yang bersangkutan seperti dari “Admission Office”. Otherwise, anda dapat memperoleh lewat internet dengan mencari alumni dari universitas yang anda tuju dan meminta saran.
- Dari Referensi Profesor
Hubungilah profesor dari universitas yang bersangkutan. Sudah sewajarnya bilamana ada profesor mencari mahasiswa untuk membantu risetnya. Dan biasanya, profesor merupakan salah satu orang yang ikut andil dalam menentukan diterima atau tidak calon mahasiswa. Lagi – lagi, dari pihak admission office akan menanyakan perihal kesediaan profesor dengan masalah penelitian. So … bila kita telah menghubungi profesor dari universitas yang bersangkutan akan lebih mudah diterima.
- Lain-Lain
Melalui jalur sumber informasi yang lain seperti internet, majalah, buku, dan sumber informasi yang bisa membantu anda ketika menentukan pilihan universitas Kita juga dapat mengambil informasi dari sumber lain mengenai perguruan tinggi yang ingin dituju, seperti melalui Internet, majalah, buku, dan informasi-informasi dari sumber lain ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan universitas yang anda tuju.

2. Tips Cara Memilih Universitas untuk S2 dan S3
Banyak sekali pilihan untuk kuliah S2  di luar negeri dan rata – rata tidak membutuhkan banyak fasilitas untuk riset yang berlebihan karena biasanya kuliah S2 cukup singkat. Setelah kuliah S2 biasanya merupakan langkah selanjutnya untuk memilih ke S3. Di saat Kuliah S2 anda bisa melihat kualitas S3 di tempat kuliah S2 anda ataupun di tempat lain. Karena kuliah S2 merupakan tempat ajang menunjukkan prestasi anda agar di rekomendasikan kuliah S3 oleh profesor di tempat lain. Dan yang terpenting, anda harus berencana juga untuk langkah kehidupan anda seperti halnya kapankah anda harus menikah, anak dan sebagainya. Sebab ini akan mempengaruhi kehidupan pribadi anda.

3. Tips Mencari Beasiswa
Carilah info mengenai beasiswa lewat universitas ataupun tempat lain bahkan lewat internet. Karena beasiswa yang biasa disebut scholarship akan dapat diperoleh dari universitas anda kuliah. Ada juga nilai point tambahan untuk ukuran prestasi mahasiswa. Rata – rata untuk mendapatkan tambahan dana, anda dapat bekerja dan di kampus telah mengijinkan dengan catatan jangan melanggar syarat yang diberikan yang dapat membahayakan status mahasiswa anda. Selain itu, anda mendapatkan support dari bantuan dana dari perusahaan.

4. Tips Hidup Di Luar Negeri
Selain kesibukan belajar di universitas, saran saya sebaiknya anda harus mempelajari budaya setempat dan bergaul dengan lingkungan anda. Pilihlah yang menurut anda baik dan tentu saja mendukung sebagai sarana belajar anda.Point ini jangan dianggap terlalu besar tetapi tidak juga dianggap terlalu remeh. Karena lingkungan sangat mempengaruhi langkah2 anda untuk belajar seperti cara berkomunikasi.

5. Tips Memilih Tempat Tinggal Di Luar Negeri
Cara yang paling efektif adalah bertanya kepada mahasiswa lain yang sudah lama bersekolah di universitas tersebut. Ada juga mencari informasi di student center, pengumuman di papan bahkan informasi yang tersebar di kampus anda.
- Asrama
Tempat tinggal yang paling dekat dengan kampus adalah asrama. Tetapi, biayanya sangatlah mahal, selain itu fasilitas dibuat sangat terbatas utuk menampung mahasiswa yang banyak.
- Apartemen
Rata – rata mahasiswa tinggal di apartemen yang letaknya tidak jauh dari kampus. Karena apartemen sangat disukai dengan kebebasan dan flesibelitas penggunaannya.Kesulitan yang didapat adalah mencari teman yang cocok untuk hidup bersama. Selain itu biaya di apartemen lebih murah daripada di asrama kampus.
- Basement di rumah
ada beberapa tempat rumah atau kost yang disediakan untuk disewakan. Rata – rata memiliki beberapa kamar yang disewakan kepada mahasiswa dan fasilitasnya terbatas seperti kamar mandi, dapur dan kamar tidur. Biaya murah tetapi kebebasan nya terbatas.

6. Pergaulan sehari – hari
Perbedaan budaya dan pengetahuan sehari – hari seringkali menjadi kendala dalam pergaulan. Saya sarankan anda harus bergaul dengan warga setempat untuk mempelajari budaya agar anda mengerti baik dan buruk.

B. Setelah Selesai Kuliah

Ada baiknya setelah selesai menyelesaikan kuliah S2 dan S3,saya sarankan agar anda mencoba untuk bekerja di tempat lingkungan anda. Karena ini sangat tergantung aturan di imigrasi setempat, tetapi rata – rata diperbolehkan. Bahkan setelah S3, ada program post doctoral yakni bekerja di tempat penelitian di kampus bahkan di industri. Manfaatkanlah kesempatan di post doctoral sebagai kunci masuk sebagai staf di tempat tersebut.
Anda ingin sukses sekolah di luar negeri sangat tergantung dengan persiapan sebelum berangkat karena tips memilih perguruan tinggi sangatlah penting. Semoga coretan sedikit ini dapat membantu anda dalam persiapan untuk belajar di luar negeri. Semoga Sukses



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar