Tips persiapan kuliah di luar negeri


Kuliah di luar negeri.. Hampir semua orang memimpikannya..Kesempatan emas untuk belajar budaya negara lain.. Membuat pikiran menjadi terbuka.. Namun apakah bisa?

1) Identify your strengths and weaknesses..
Identifikasi kekuatan dan kelemahan dirimu sendiri.. Kita perkuat kekuatan kita.. Sebaikna kelemahan diri harus dicoba diatasi (diminimal) sesegera mungkin.. Misalnya, identifikasi kemampuan finansial, kemampuan akademik, dll.. Kalau kemampuan finansial unlimited.. Tidak ada masalah kuliah di luar negeri.. Masalah akan muncul kalau kemamupuan finansial terbatas.. Jadi mentok donk mimpi saya?? Jangan menyerah.. masih banyak kesempatan beasiswa.. raih kesempatan itu..

2) Win the information
Kunci kemenangan adalah informasi valid yang kita dapat lebih awal dibandingkan orang lain..
Bagaimana cara mendapatkan informasi yang kita butuhkan?
Pertama adalah networking.. Bertemanlah dengan semua orang, terutama dengan orang orang yang beraura positif.. Karena cepat atau lambat kita akan terbawa positif.. Cepat atau lambat, mereka akan memberikan informasi yang mungkin berguna bagi diri kita sendiri..

Kedua adalah internet.. Internet adalah sumber informasi dunia.. Dengan hanya duduk di depan kompter atau menbrowsing I-phone, PDA, blackberry atau pun aneka jenis HP lainnya, kita bisa memanfaatkan waktu luang dengan berburu informasi..
Ketiga, rajin rajin membaca koran, majalah, leaflet, pameran, dll.. multimedia is also a source of information.

3) Grasp the information coz it won’t knock your door two times..
Kemampuan ada, informasi sudah kita dapat.. apalagi yach? Tahap selanjutnya adalah manfaatkan informasi tersebut.. Lakukan langkah pertama…The first step usually is the most difficult part of any kind of job.. Rasa malas dan  rasa tidak percaya diri itu musuh utama, harus segera dihilangkan.. Do the first action NOW.. Not tommorow. karena besok akan ada pekerjaan lain yang harus kita lakukan.. Hasil yang sempurna akan menimbulkan kepuasan batin yang tiada tara..
Selain itu, kalau kita memiliki informasi tapi tidak dimanfaatkan baik untuk diri sendiri atau untuk orang lain.. it will be useless.. Share the info dengan orang lain.. Berbagi dengan sesama tidak akan pernah ada ruginya..

4) Kemampuan bahasa asing..
Nah, kalau mau belajar di luar negeri.. pastinya kemampuan berbahasa asing adalah mutlak.. Kita mau belajar dimana? Misalnya mau belajar di Jepang, pastinya, kita harus belajar bahasa Jepang dan mengikuti ujian nihon-go-no ryko shiken yang diadakan (bisasanya) setiap akhir tahun di Indonesia..
Kalau mau belajar di negara yang berbahasa Inggris.. TOEFL or  IELTS is a must.. Raih nilai tertinggi. apalagi kalau mau mendapatkan beasiswa..

5) Kemampuan akademik..
Jangan mempermalukan Indonesia di luar negeri.. Meskipun kemampuan otak pas pasan, seperti saya, namun jangan pernah menyerah.. kita harus mengatasi kelemahan diri dengan berdoa, belajar dan bekerja keras..

6) Kegiatan non akademik..
Life should be balanced.. antara kegiatan akademik dan non akademik.. Ikuti kegiatan organisasi.. Kegiatan non-akademik sangat bermanfaat sekali.. Selain itu memperluas networking, bisa juga dijadikan sebagai pembelajaran bagaimana mengatur waktu dengan baik, bagaimana mengatasi masalah organisasi untuk mencapai tujuan bersama, bagaimana meng’handle’ difficult persons, dll.

sumber



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar