Tips Mengolah Ikan

Jangan sembarangan mengolah ikan, sebab kalau salah malah bakal menghilangkan kandungan gizinya. Simak tips mengolah ikan berikut ini:


1. Sebenarnya makan ikan segar mentah lebih bernutrisi daripada dimasak, apalagi digoreng kering. Namun, jangan sembarangan memilih ikan segar. Sebaiknya lengkapi pengetahuan memasak dengan berbagai informasi seputar bahan makanan.

2. Menggoreng ikan dalam suhu tinggi atau membakar/memanggangnya di atas arang membuat nilai gizi pada ikan berkurang, bahkan hilang. Asap pada ikan bakar, misalnya, berpengaruh terhadap penyerapan gizi atau nutrisi ikan itu sendiri. Sebaiknya pepes ikan agar kandungan protein terserap tubuh lebih optimal.

3. Menggoreng kering bakal menghilangkan nutrisi pada ikan. Selain itu, menggoreng dengan minyak dengan suhu tinggi akan mengubah lemak PUFA (yang juga terkandung dalam ikan) menjadi lemak SAFA (lemak jenuh) yang berbahaya bagi tubuh dan sumber berbagai penyakit. Sebaiknya memasak ikan sebagai tumisan dengan api kecil dan tidak direndam minyak.

via  http://www.okefood.com/read/2011/12/27/304/547689/tips-mengolah-ikan



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar