6 Tips Dapur Nyaman dan Sehat

Sebagai tempat memasak dan menghidangkan makanan, kondisi dapur haruslah dijaga selau bersih agar dapat menjamin kesehatan makanan dan seluruh penghuni rumah. Begitu pula suasana di dapur patut dibuat senyaman mungkin, agar aktifitas masak-memask dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan dalam menciptakan kondisi dapur yang nyaman sekaligus sehat. Berikut adalah tips membuat dapur menjadi nyaman dan sehat:

1. Dapur harus memiliki ventilasi udara
Ventilasi udara yang baik sangat penting agar udara tetap bisa mengalir sehingga bau masakan, asap, dan gas kompor tidak meracuni penghuni rumah. Sebaiknya gunakan sirkulasi udara yang alami. Namun, jika tidak memungkinkan, gunakan exhaust fan atau cooker hood untuk menarik asap keluar ruangan dapur.

2. Dapur harus mendapatkan penerangan alami
Cahaya matahari berfungsi menerangi ruang dapur agar kita dapat beraktivitas dengan baik, juga mampu membunuh kuman maupun bakteri dan membuat ruangan tidak lembap.

3. Material dinding dapur sebaiknya tahan terhadap panas dan uap

Keramik banyak digunakan sebagai dinding dapur karena kuat dan mudah dibersihkan. Hindari penggunaan dinding bertekstur karena celah-celahnya akan sulit dibersihkan dan dapat menjadi timbunan kotoran. Selain keramik, Anda juga dapat menggunakan stainless steel dan granit.

4. Perlengkapan memasak yang aman
Memilih peranti memasak atau perlengkapan dapur harus yang mementingkan kenyamanan dan keamanan sehingga masakan yang Anda masak bisa tetap terjaga kebersihannya.

5. Penggunaan alat elektronik dengan efisien
Gunakan peralatan elektronik Anda, seperti lemari pendingin, dishwasher, dan microwave seefisien mungkin. Peralatan elektronik tersebut membutuhkan energi listrik yang sangat besar dan dapat mengakibatkan efek radiasi elektromagnetik.

6. Kebersihan dapur
Supaya sampah di dapur tidak menimbulkan penyakit dan bau tak sedap, Anda harus menjaga agar dapur tetap bersih. Caranyadengan membersihkan dapur pada saat selesai memasak. Anda juga harus membuang sampah yang ada di dapur setiap hari karena sampah yang disimpan lebih dari satu hari akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur. 


via http://property.okezone.com/read/2012/01/18/472/559074/tips-dapur-nyaman-dan-sehat



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar