Tips Hindari Luka Saat Bercukur

Bercukur adalah kegiatan yang rutin dilakukan pria setiap seminggu sekali. Berikut ini adalah tips untuk menghindari luka saat bercukur:

1. Kualitas Alat PencukurPenggunaan alat pencukur berkinerja rendah dapat menjadi penyebab luka. Pisau cukur tunggal atau pun ganda, misalnya, dapat menyebabkan torehan dan luka potongan.

Sebaiknya, pilih alat pencukur dengan beberapa bilah pisau untuk mengurangi tarikan pada kulit.

2. Pisau Tumpul
Selain tidak efektif, mencukur bulu menggunakan alat pencukur berpisau tumpul dapat meningkatkan risiko iritasi.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti pisau cukur Anda secara teratur. Mencukur menggunakan pisau tumpul mengakibatkan Anda menekan alat pencukur lebih keras ke kulit, sehingga dapat menimbulkan goresan dan luka potongan.

3. Pisau SelipAlasan lain yang menyebabkan luka saat bercukur adalah karena pisaunya selip ke samping. Alat pencukur harus
digerakkan tegak lurus dengan bilah pisau. Jangan pernah menggerakkan alat pencukur dari sisi ke sisi di atas kulit.

Guna mencegah pisau cukur tergelincir di tangan, gunakan alat pencukur dengan gagang yang dirancang untuk memberikan kontrol lebih besar dalam kondisi basah.

4. Tekanan Berlebih
Terkadang menempatkan tekanan berlebihan pada pisau cukur.

Untuk membantu menghindari luka goresan yang tidak diinginkan, cukur bulu rambut dengan sentuhan ringan dan tekanan sesedikit mungkin. Cukur bulu mengikuti arah yang Anda rasa paling nyaman.
    

via http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2011/05/29/5638/3/Hindari-Luka-saat-Bercukur



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar