5 Tips Menghindari Mabuk Darat Saat Naik Bus

Bus menjadi salah satu dari beragam transportasi yang bisa digunakan saat traveling. Seringnya, perjalanan dengan bus memakan waktu lama, bahkan sampai berhari-hari. Inilah 5 tips cara menghindari mabuk darat saat naik bus.

1. Hindari duduk di bangku paling belakang

Bus antar kota antar provinsi biasanya menjual tiket dengan nomor bangku. Anda bisa memilih nomor bangku yang ada di tengah atau di depan. Sebisa mungkin hindari bangku di bagian belakang. Kemungkinan mabuk darat lebih besar saat Anda duduk di belakang dibanding saat duduk di bangku lain, karena tenaga dorong bus ada dari bagian belakang, tempat mesin berada.

Selain itu, bangku di bagian belakang juga dekat dengan WC. Tempat duduk anda akan sering dilalui orang dan aroma tidak sedap juga akan sering Anda rasakan saat duduk di kursi bagian belakang.

2. Sedia cemilan manis di tas


Selalu sediakan cemilan manis saat Anda sedang traveling dengan bis. Cemilan ini berguna saat Anda sedang mengalami mual. Permen mint bisa menjadi penolong yang utama saat sedang mabuk darat. Tidak cuma jadi penolong saat mabuk, cemilan manis juga bisa jadi penolong Anda saat lapar.

3. Pilih makanan yang tidak banyak santan

Karena perjalanan bersama bis biasanya lebih dari setengah hari, maka Anda pun akan beberapa kali makan besar selama perjalanan. Saat makan besar, pilihlah makanan yang tidak terlalu banyak santan. Santan membuat Anda mudah mual dan tentu akan mengganggu perjalanan Anda. Pilih makanan yang segar dan berkuah. Anda pun bisa mengkonsumsi buah untuk membantu mengurangi kemungkinan mabuk darat.

4. Jangan terlalu lama menunduk

Ketika kita bosan di bus, biasanya yang kita lakukan adalah bermain ponsel,
blackberry, membaca buku dan kegiatan lain yang membuat mata kita fokus melihat jarak pendek dan menunduk. Lama-kelamaan yang terjadi adalah perut mual, karena indera keseimbangan Anda terganggu pergerakan bus yang melaju tapi tidak diimbangi dengan penyesuaian dari indera tubuh terutama mata.

Kalau hal ini terjadi, letakan ponsel, BlackBerry atau buku Anda. Segera buang pandangan keluar jendela. Carilah titik pandang yang jauh, agar mata Anda beradaptasi dengan pergerakan bus yang cepat. Anda pun akan merasa nyaman kembali.

5. Sedia obat anti mabuk

Benda sakti yang tidak boleh tertinggal adalah obat anti mabuk dan minyak angin. Kalau Anda memang biasa mabuk darat, konsumsilah obat ini selalu sebelum perjalanan.

Minyak angin juga tidak kalah penting. Saat pusing, Anda bisa mengoleskan minyak angin di dahi. Saat mual, Anda bisa menghirup minyak angin. Anda juga bisa mengoleskan minyak angin ke badan saat sedang tidak enak badan dan masuk angin. Saat ini sudah banyak dijual minyak angin dengan wangi yang lebih bersahabat. Minyak angin jenis ini bisa jadi pilihan Anda supaya tidak mengganggu orang lain yang tidak suka dengan minyak jenis ini.

via http://travel.detik.com/read/2012/03/09/171040/1863048/1048/5-tips-menghindari-mabuk-darat-saat-naik-bus



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar